Sistem Manajemen Mutu: Konsep Dasar Dan Prinsip

sistem manajemen mutu
isocertificationservices.co

Konsep Dasar Manajemen Mutu

Mendapatkan pelayanan laboratorium yang lebih baik merupakan suatu hak pelanggan dalam menggunakan jasa sebuah laboratorium. Tentunya hal ini perlu disikapi laboratorium dengan menerapkan sistem manajemen mutu. Dengan menerapkan sistem tersebut, laboratorium diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Juga mampu menghadapi perubahan yang cepat di era masa kini yang semakin maju.

Lalu apa dampaknya bila sistem manajemen mutu diterapkan dengan baik oleh laboratorium?

Jika sistem ini diterapkan dengan baik dan benar oleh laboratorium, maka akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan kerangka kerja bagi perbaikan keberlanjutan kedua belah pihak, laboratorium dan tentu saja untuk pelanggan.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Hal tersebut dapat terjadi karena pendekatan sistem manajemen mutu memberi syarat bagi laboratorium untuk melakukan kaji ulang, menetapkan proses, serta memelihara proses. Selain itu sistem ini dapat meyakinkan kedua belah pihak untuk mampu memberikan mutu hasil pengujian atau kalibrasi, yang memenuhi persyaratan secara konsisten sehingga tercapainya sebuah kepuasan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan untuk laboratorium adalah hal yang sangat penting, karena memiliki fokus pada pencapaian hasil berkaitan dengan sasaran mutu, pemenuhan kebutuhan, dan kepuasan pelanggan.

Prinsip Manajemen Mutu

Kesuksesan suatu organisasi Laboratorium dapat tercapai bila implementasi dan pemeliharaan sistem manajemen mutu yang diterapkan selalu terus menerus memperbaiki keefektifan, dan efisiensi kinerja sambil mempertimbangkan kebutuhan pelanggan.

Berdasarkan ISO 9000, prinsip manajemen mutu yang dapat digunakan oleh organisasi laboratorium dalam perbaikan kinerja adalah sebagai berikut:

  1. Fokus Pada Pelanggan
  2. Kepemimpinan
  3. Keterlibatan Personel
  4. Pendekatan Proses
  5. Peningkatan
  6. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti
  7. Manajemen Relasi

Klik tiap prinsip manajemen mutu diatas untuk mengetahui manfaat utama prinsip manajemen mutu bila diterapkan pada suatu organisasi laboratorium, serta tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai manfaat tersebut.

Semoga tulisan mengenai Sistem Manajemen Mutu ini dapat bermanfaat, dan menjadi sumber referensi, terimakasih.

Sumber : Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025:2017 oleh Anwar Hadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *