Apa Itu Resistor?

Ada yang belum tahu tentang komponen elektronika yang satu ini? Bagi siapa pun yang baru belajar elekronika, pasti yang pertama kali dipelajari adalah komponen Resistor. Komponen ini selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika. Jadi, Apa itu Resistor? Berikut ini akan dijelaskan Pengertian dari Resistor

Definisi dari Resistor adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki dua pin atau dua kutub, memiliki sifat penghambat (resist = hambat). Apa fungsi resistor dalam rangkaian elektronika? Dalam suatu rangkaian elektronika, resistor memiliki fungsi sebagai berikut:

  • menghambat aliran arus listrik, sehingga dapat menurunkan kuat arus atau dapat dikatakan berfungsi sebagai pembagi arus,
  • menurunkan tegangan atau dapat dikatakan berfungsi sebagai pembagi tegangan,
  • sebagai pembangkit frekuensi tinggi dan rendah

Lalu seperti apa bentuk resistor? Resistor memiliki bentuk yang bermacam macam tergantung dari jenisnya, (Baca juga : Jenis-jenis resistor) setiap jenis dari resistor memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda. Namun secara umum, resistor memiliki bentuk seperti yang ditunjukkan oleh link berikut ini klik Resistor.

Dalam elektronika, komponen resistor disingkat dengan huruf “R”, dan satuan dari resistor adalah Ohm. Mengapa satuan dari resistor adalah Ohm? Ohm berasal dari nama seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman bernama George Simon Ohm (1787-1854), Dia adalah penemu komponen resistor. Semoga tulisan mengenai Resistor ini dapat bermanfaat.

Sumber : Buku Elektronika Dasar, Wikipedia

One thought on “Apa Itu Resistor?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *